Wadah Kemahasiswaan

 

INFO

STAFF

Desi
Edy

WADAH KEGIATAN MAHASISWA

Pembantu Ketua III bidang kemahasiswaan ditugaskan membantu  Ketua STMIK Buddhi di bidang pembinaan dan pengembangan kemahasiswaan, baik sebagai pribadi maupun organisasi, yakni:

  1. Pengembangan pribadi mahasiswa
  2. Pengembangan penalaran mahasiswa (student ideas & reasoning)
  3. Pengembangan minat, perhatian (hobby), dan kesejahteraan mahasiswa (student welfare)
  4. Pengembangan perencanaan program, pengarahan, pembimbingan dan penilaian terhadap pelaksanannya
  5. Penyediaan forum komunikasi dan informasi

Di sini mahasiswa berkedudukan sebagai subyek atau pelaku yang turut serta memikul tanggung jawab kegiatan dengan suatu semangat kekeluargaan, kegotongroyongan serta musyawarah mufakat.

Hal tersebut merupakan suatu bukti pemberian kepercayaan dan penghargaan kepada mahasiswa dalam proses kepemimpinan yang bertanggungjawab terhadap kelangsungan kehidupan dan perkembangan STMIK Buddhi di masa mendatang.

Pengembangan gagasan dalam suasana kekeluargaan, musyawarah mufakat diharapkan akan memperkokoh persatuan, kesatuan dan kerukunan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia pada umumnya, dan khususnya sebagai Keluarga Besar STMIK Buddhi di masa mendatang. Berbagai wadah kegiatan mahasiswa yang terdapat di STMIK Buddhi adalah :

  1. Di bidang pembinaan mental dan spiritual
  2. Di bidang olahraga, yaitu bola Basket, Futsal, Bulu Tangkis
  3. Di bidang seni budaya, yakni group Band, Group Dance dan Paduan Suara.
  4. Di bidang IT, yaitu BITC
  5. Di bidang pencinta alam, yaitu MAPALA
  6. Di bidang media komunikasi, yaitu bulletin STMIK Buddhi serta majalah dinding.

PROGRAM PENGEMBANGAN KEMAHASISWAAN

Ketua STMIK Buddhi telah menetapkan Program Pengembangan STMIK Buddhi, yang meliputi :

  1. Pengembangan program
  2. Pengembangan kelembagaan
  3. Pengembangan tenaga manusia

Pengembangan program terdiri dari :

  1. Program akademik
  2. Program kemahasiswaan

Sedangkan program kemahasiswaan itu sendiri adalah segala kegiatan yang berlangsung menyangkut kegiatan ekstrakurikuler kampus.

Pengembangan mahasiswa dilakukan dengan asas dan pedoman Tut Wuri Handayani, yang diarahkan kepada kehidupan kampus, terutama pengutukan terhadap kemungkinan timbulnya sara (pertentangan suku, agama, ras dan antar golongan).

Program pengembangan mahasiswa diartikan dalam arti luas, sehingga tidak hanya meliputi pembinaan terhadap organisasi kemahasiswaan, seperti Senat Mahasiswa, dan Alumni saja, melainkan juga meliputi kelompok keagamaan, kelompok hobby dan minat, olahraga dan sebagainya. Dengan demikian pengembangan mahasiswa ini diarahkan menuju terciptanya keadaan dan suasana kampus yang mendukung proses belajar mengajar.

Pembinaan alumni diarahkan untuk menanamkan rasa sense of belonging yang tinggi terhadap Almamater, sedemikian rupa sehingga minimal mereka tidak bersikap acuh tak acuh terhadap kelangsungan hidup bekas kawah candradimuka mereka, dan maksimal berpartisipasi aktif secara nyata, dan tanpa pamrih demi kemajuan Almamater melalui berbagai cara.

Dalam pelaksanaannya, pokok Program Kemahasiswaan yang ditangani oleh Pembantu Ketua III, meliputi :

  1. Program organisasi yang mempunyai sasaran terjalinnya koordinasi dan kerjasama antara Pembantu Ketua III dengan Koordinator Kemahasiswan di Perguruan Tinggi,  dalam rangka memantapkan dan menyeragamkan asas dan tujuan dari lembaga kemahasiswaan yang ada.
  2. Program mental ideologi, yang mempunyai sasaran terbinanya kesatuan dan persatuan bangsa di kalangan sivitas akademika melalui penyelenggaraan upacara peringatan hari besar nasional secara tertib dan khidmat serta mengisi peringatan dengan kegiatan seperti ceramah, dan sebagainya yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Program mental spiritual, yang mempunyai sasaran terciptanya kerukunan hidup beragama dalam menghayati dan mengamalkan ajaranNya. Sasaran tersebut akan dicapai melalui pengembangan organisasi keagamaan, penyelenggaraan upacara keagamaan (hari besar agama) di kampus dan pengupayaan adanya tempat dan wadah kegiatan, termasuk forum komunikasinya
  4. Program student’s interest, yang mempunyai sasaran terbinanya dan berkembangnya hobi dan minat mahasiswa di segala bidang seperti olahraga, kesenian, ketrampilan, kecintaan alam, komunikasi, fotografi dan sebagainya
  5. Program peningkatan penalaran mahasiswa dengan sasaran terciptanya kader bangsa yang ahli dan mampu menjadi motivator dan dinamisator masyarakat dalam pembangunan Program ini diharapkan tercapai melalui latihan ketrampilan manajemen, diskusi, seminar, kuliah kerja nyata dan diskusi ilmiah dengan para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu
  6. Program kesejahteraan mahasiswa, melalui pemberian beasiswa
  7. Program pembinaan publikasi, komunikasi, serta informasi yang dilaksanakan melalui penerbitan BULETIN STMIK Buddhi, serta jurnal ilmiah MULTIMEDIA, juga melalui tukar menukar informasi dan penyajian artikel oleh mahasiswa dan alumni
  8. Program kerjasama dengan instansi dan lembaga pendidikan tinggi di luar STMIK Buddhi yang dilaksanakan dengan menjalin kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud, dan berbagai PTS lain
  9. Program pembinaan alumni dengan memberikan fasilitas kegiatan Ikatan Alumni STMIK Buddhi untuk memperluas usaha dan kegiatan di kampus yang dirasakan manfaatnya bagai sivitas akademika STMIK Buddhi.

BENTUK ORGANISASI MAHASISWA

Bentuk organisasi kemahasiswaan di STMIK Buddhi yang ada saat ini :

  1. Senat Mahasiswa STMIK Buddhi (SEMA)
  2. Himpunan Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi (HIMSI)
  3. Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Informatika (HIMMI)
  4. Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika (HIMTI)

Unit Kegiatan Mahasiswa di bawah naungan SEMA :

  1. Buddhi Information Technology Club (BITC)
  2. Mahasiswa Pencinta Alam (MAPALA)
  3. KMB Jaya Manggala
  4. UKM Basket
  5. UKM Bulu Tangkis
  6. UKM Futsal
  7. UKM Seni
 
 
Facebook Iconfacebook like buttonTwitter Icontwitter follow buttonPenilaian Sidang Skripsi dan Yudisium Online